Jurnalistik Online

KARAKTERISTI JURNALISTIK ONLINE


 Karakteristik Primer 

1. Unlimited Space. Memungkinkan halaman (page) tak terbatas. Ruang bukan masalah. Artikel dan berita bisa sepanjang dan selengkap mungkin, tanpa batas.

2. Audience Control. Memungkinkan audiens (reader, user, visitor) lebih leluasa memilih berita/informasi. 

3. Nonlienarity. Tiap berita berdiri sendiri sehingga audiens tidak harus membaca secara berurutan. 

4. Storage and retrieval. Memungkinkan berita “abadi”, tersimpan (terarsipkan) dan bisa diakses kembali dengan mudah kapan dan di mana saja. 

5. Immediacy. Menjadikan informasi bisa disampaikan secara sangat cepat dan langsung. 

6. Multimedia Capability. Memungkinkan sajian berita berupa teks, suara, gambar, video, dan komponen lainnya sekaligus. 

7. Interactivity. Memungkinkan interaksi langsung antara redaksi (wartawan) dengan audiens, seperti melalui kolom komentar dan social media sharing. 

(James C.Foust, Online Journalism: Principle and Practices of News for The Web [2005]) 


Karakteristik Sekunder 

1. Produksi berita online lebih mudah dan murah ketimbang produksi berita cetak dan elektronik. 

2. Memungkinkan semua orang menjadi wartawan atau memproduksi dan menyebarluaskan informasi (everybody can be journalist). 

3. Tidak mengenal deadline. Berita dapat dipublikasikan (posting) dan diedit kapan dan di mana saja. 

4. Berita tersebar dengan cepat. Internet saat ini merupakan cara tercepat penyebaran berita (the fastest way to report news). 

5. Sirkulasi media/berita online bisa menjangkau seluruh dunia, tidak seperti di media cetak dan elektronik (radio/TV) yang terbatas. 

6. Banyak elemen yang bisa ditambahkan untuk melengkapi sebuah berita (news story), seperti video, kotak komentar, gambar bergerak (moving image), hyperlink, berita terkait (related news), dan sebagainya. 

7. Kesalahan dalam berita atau artikel dapat dengan mudah dikoreksi dan di-update. 

8. Online journalism does not create a lot of jobs. Jurnalistik Online tidak membutuhkan banyak orang (karyawan), bahkan bisa dilakukan oleh satu orang saja. 

9. Memungkinkan halaman (page) tak terbatas. Ruang bukan masalah. Artikel dan berita bisa sepanjang dan selengkap mungkin, tanpa batas. 


X


Everybody Can Be Journalist? 

Benarkah demikian? 

Yes, benar. Setiap orang memang dapat menjadi jurnalis pada masa sekarang ini, bahkan sebuah mesin artifial intelligence (AI) dapat menjadi jurnalis, karena pada masa sekarang dimana dunia maya berkembang sangat pesat, setiap orang dapat menjadi produsen berita, bukan hanya menjadi konsumen berita. Namun, apakah setiap orang adalah jurnalis? Nah, untuk pertanyaan ini, kita harus mengingat kembali materi perkuliahan sebelumnya tentang elemen-elemen jurnalisme dan harus memahami konsep tentang kelayakan berita (news worthiness) dan nilai berita (news value).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Produksi Dokumenter

Universitas Budi Luhur Beri Beasiswa Gratis Hingga Lulus Pendidikan

Media Sistem Studio